Top Ads

RPP PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SEMESTER 1 (TEMA: KEBERSIHAN, KESEHATAN, KEAMANAN)


  • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
    KELAS I SEMESTER 1
    TEMA : KEBERSIHAN, KESEHATAN, KEAMANAN
    ALOKASI WAKTU 3 MINGGU

    I. KOMPETENSI DASAR
    1. PKN
    2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah di sekolah
    2. BAHASA INDONESIA
    1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
    4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
    4.5 Menyalin pulsi anak sederhana dengan huruf lepas
    3. MATEMATIKA
    6.1 Mengenai segitiga, segiempat, dan Iingkaran
    6.2 Mengelompok kan bangun datar menurut bentuknya
    4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
    2.2 Membedakan Iingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
    5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
    1.4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
    II. INDIKATOR
    1. PKN
    • Melaksanakan tata tertib di rumah
    • Menyebutkan kegiatan yang dilakukan di rumah pada siang hari
    • Menyebutkan kegiatan yang dilakukan di rumah pada malam hari
    2. BAHASA INDONESIA
    • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita yang didengar
    • Menyebutkan watak tokoh dalam cerita
    • Menceritakan kembali cerita yang didengar
    • Membuat kalimat sesuai tokoh cerita
    • Menyusun gambar sesuai dengan urutan cerita
    • Melengkapi kalimat yang belumselesai berdasarkan gambar
    • Menulis kalimat yang betum setesai berdasarkan gambar
    • Menulis puisi sederhana dengan menggunakan huruf lepas
    3. MATEMATIKA
    • Menyebutkan benda-benda yang secara Geometris berbentuk segitiga
    • Menyebutkan benda-benda yang secara geometris berbentuk persegi
    • Menyebutkan benda-benda yang secara geometris berbentuk persegi panjang
    • Menyebutkan benda-benda yang secara Geometris berbentuk Iingkaran
    • Membedakan benda-benda yang secara geometris berbentuk bangun datar
    • Mengelompokkan bangun datar menurut beniuknya
    • Menjiplak berbagai bentuk bangun datar menurut bentuknya
    4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
    • Menyebutkan ciri-ciri Iingkungan sehat di rumah
    • Menyébutkan ciri-ciri Iingkungan sehat di sekolah
    • Menyebutkan ciri-ciri Iingkungan tidak sehat
    • Merawat tanaman di iingkungan sekitar
    • Merawat Iingkungan di sekitar
    5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
    • Menyanyikan tagu “Kasih Ibu”
    • Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anak
    • Menjelaskan kasih sayang anak terhadap orang tua (ayah dan ibu)
    • Menceritakan kasih sayang anak terhadap sesama (fakir miskin, yatim piatu, dli)
    • Menjelaskan manfaat kasih sayang antar anggota keluanga
    • Menjeiaskan akibat bila tidak ada kasih sayang antar anggota keluarga
    III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
    A. KEGIATAN AWAL
    1. Doa bersama
    2. Absensi siswa
    3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Lingkaran Kecil”
    B. KEGIATAN Inti
    1. Melaksanakan tata tertib di rumah
    2. Menyebutkan kegiatan yang dilakukan di rumah pada siang hari


    3. Menyebutkan kegiatan yang dilakukan di rumah pada malam hari
    4. Membaca dongeng dan buku
    5. Meñgungkapkan kembali isi cerita
    6. Ményebutkan tokoh-tokoh dalam cerita yang didengar atau dibaca
    7. Menyebutkan watak tokoh dalam cerita
    8. Membuat kalimat sesuai tokoh cerita
    9. Menyusun gambar sesuai dengan urutan cerita
    10. Melengkapi kalimat yang belurn selesal berdasarkan gam bar
    11. Menulis kalimat yang belum selesai berdasarkan gam bar
    12. Menulis puisi sederhana dengan menggunakan huruf lepas
    13. Menunjukkan benda yang berbentuk segitiga
    14. Menunjukkan benda yang berbentuk persegi
    15. Menu njukkan benda yang berbentuk Iingkaran
    16. Membedakan benda-benda yang berbentuk segitiga, segiempat, dan Iingkaran
    17. Mengelompokkan benda-benda yang berbentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran
    18. Mengidentifikasi benda yang berbentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran
    19. Membedakan benda-benda yang secara geometris berbentuk bangun datar
    20, Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
    21. Menjlptak berbagai bentuk bangun datar menurut bentuknya
    22. Menyebutkan ciri-ciri Iingkungan sehat di rumah
    23. Menyebutkan ciri-ciri Iingkungan sehat di sekolah
    24. Menyebutkan ciri-ciri Iingkungan tidak sehat
    25. Merawat tanaman di lingkungan sekitar
    26. Merawat Iingkungan di sekitar
    27. Menyanyikan lagu “Kasih Ibu”
    28. Menjélaskan kasih sayang orang tua kepada anak
    29. Menjelaskan kasih sayang anak terhadap orang tua (ayah dan ibu)
    30. Menceritakan kasih sayang anak terhadap sesama (fakir miskin, yatim piatu, dil)
    31. Menjelaskan manfaatkasih sayang antar anggota keluanga
    32. Menjelaskan akibat bfla tidak ada kasih sayang antar anggota keluarga
    (Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing¬ masing sekoIah)
    C. KEGIATAN AKHIR
    1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
    2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Kasih Ibu”
    IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
    A. METODE
    1. Ceramah 4. Tanya Jawab
    2. Demonstrasi 5. Tugas
    3. Game
    B. SUMBER
    1. Buku Tematik Kelas I
    (Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
    2. Pengembangan Guru
    C. MEDIA
    1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
    3. Kantu kata 4. Gambar-gambar yang relevan
    V. PENILAIAN
    1. Lisan 2. Tertulis
    3. Perbuatan 4. Portofolio

  • 0 komentar:

    Posting Komentar