RPP PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SEMESTER 2 (TEMA: TEMPAT UMUM)

Kamis, 24 Juni 2010
2RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 2
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU

I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya
2. BAHASA INDONESIA
5.1. Mendeskripsikan benda-benda di sekitar
6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai
3. MATEMATIKA
4.1 Membilang banyak benda
4.2 Mengurutkan banyak benda
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
2.1 Menceritakan kembali peristiwa peñting yang dialami sendiri di Iingkungan keluarga
II. INDIKATOR
1. PKN
3.1.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain
3.1.2 Menjelaskan hak-anak untuk belajar dengan gembira
3.1.3 Menjelaskan hak anak untuk didengar pendapatnya
2. BAHASA INDONESIA
5.1.1 Menceritakan gambar
5.1.2 Membuat kalimat sesuai gambar
5.1.3 Menulis kallmat yang didiktekan
6.1.1 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat aan kosa kata yang sudah dikuasai
3. MATEMATIKA
4.1.1 Membilang banyak benda bilangan 51 sampal 100
4.1.2 Menutis lambang bilangan, bilangan 51 sampai 100
4.1.3 Menulis nama bilangan, bilangan 51 sampai 100
4.2.1 Membaca lambang bilangan 51 sampai 100
4.2.2 Menulis lambang bilangan 51-1 00 secara urut
4.2.3 Menyebutkan jumlah suatu benda
4.2.4 Membandingkan 2 komponen benda
4.2.5 Membaca lambing bilangan terbesar ke bilangan terkecil atau sebaliknya secara urut
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
4.1.1 Mendemonstrasikan benda-benda yang mudah bergerak
4.1.2 Mengamati benda- benda yang mudah bergerak
4.1.3 Mendemonstrasikan benda-benda yang sulit bergerak
4.1.4 Mengamati benda- benda yang sulit bergerak
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
2.1.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami anak
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Satu Ditambah Satu”
B. KEGIATAN Inti
1. Melaksanakan tata tertib di rumah
2. Mengenalkan hak-hak anak di rumah seperti bermain, belajar dengan gembira, dan didengar pendapatnya.
3. Mengamati gambar Menyebutkan kegiatan yang dilakukan di rumah pada siang hari
4. Mendeskripsikan gambar
5. Menceritakan kembali
6. Menulis kalimat dengan menggunakan huruf sambung dengan benar

7. Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai
8. Menceritakan kembail
9. Menulis kalimat dengan menggunakan huruf sambung dengan benar
10. Membilang benda
11. Menjumlah dua bilangan
12. Mengurangi dua bilangan
13. Menyebutkan nilai tempat dengan benar
14. Menceritakan kembali
15. Menghltung bilangan 51-1 00 secara urut
16. Menulis Iámbang bllangan 51-100
17. Menyebutjumtah benda
18. Mèmbandingkan 2 komponen benda
19. Mémbilang / mengurutkan bilangan terbesar ke bilangan terkecil atau sebaliknya
20.’ Mendemonstrasikan benda yang mudah bergerak
21. Mengamati benda-benda yang mudah bergerak
22. Méndemonstrasikan benda yang sulit bergerak
23. Mengamati benda-benda yang suUt bergerak
24. Mendeskripsikan peristiwa penhing yang diatami akan seperti ulang tahun, memenangkan lomba, masuk SD pertama kali, dan sebagainya
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing¬ masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Bermain Layang-Layang”
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio

0 komentar:

Poskan Komentar